Generasi Alfa Datang: Bersiaplah!

Edisi C3I: e-Konsel 410 - Membimbing Generasi Alfa

Saya sekarang menjadi ibu bagi dua anak laki-laki Generasi Alfa! Wah! Bahkan, karena hadirnya Gen Alfa terbaru dalam keluarga kami, saya pun menjadi sedikit kurang tidur. Sebab, dia baru saja lahir 10 minggu yang lalu. Meski demikian, dia telah membuat saya berpikir dan berdoa, bagaimana generasinya akan berbeda dari Generasi Z. Selalu akan ada semacam "transisi generasi" ketika seseorang, yang secara tradisional tergolong ke dalam tahun kelahiran dari satu generasi, tetapi karena keadaan yang terkait dengan usia orang tua atau saudara-saudara kandungnya, mereka BERPERILAKU lebih seperti generasi sebelum atau sesudah mereka pada saat-saat tertentu.

Gen Z adalah generasi yang ada dalam pelayanan siswa/anak kita pada saat ini. Dalam beberapa tahun, Anda akan melihat bahwa mereka yang tertua yang memiliki karakteristik Gen Z berusia sekitar 22 tahun. Saya mulai memperhatikan Gen Z untuk pertama kalinya ketika senior saya yang sekarang sudah lulus masih yunior. Saya sedih karena saya tidak memperhatikan peralihan (usia) dari Generasi Milenial ke Gen Z sampai pada waktu itu. Saya tidak ingin menjadi lengah kali ini.

Meskipun saat ini saya menikmati mencari tahu lebih banyak dan lebih banyak lagi tentang memperlengkapi Generasi Z, mau tidak mau saya tergelitik oleh Gen Alfa karena saya benar-benar tenggelam dalamnya sebagai seorang ibu bagi anak berusia 5 tahun dan 10 minggu.

Tren penelitian saat ini menyatakan bahwa Gen Alfa muncul bersamaan dengan iPad pada tahun 2010. Itu berarti bahwa kita akan melihat keberadaan mereka dalam pelayanan kita kira-kira dalam 5 tahun mendatang.

Jadi, apa yang akan terjadi jika kita, sebagai gereja, mulai meningkatkan doa untuk generasi yang akan datang ke dalam pelayanan siswa/anak kita? Bagaimana jika kita sedang bersiap untuk kedatangan mereka?

Saya baru-baru ini didorong oleh beberapa teman lain yang merupakan orang tua baru dari Gen Alfa untuk mulai secara harfiah berdoa dari ujung kepala hingga ujung kaki bagi para Gen Alfa yang tinggal di rumah kami.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda doakan untuk Generasi Alfa ini:

"Mereka adalah generasi yang paling terberkati secara material dan paling melek teknologi yang pernah ada di planet ini!" - Mccrindle.com.au

Untuk Generasi Z, saya berdoa agar mereka memahami ketuhanan Kristus dan kesanggupan untuk menyerahkan hidup mereka kepada-Nya. Saya bertanya-tanya, apakah Gen Alfa, yang terus-menerus didorong pada keterhubungan digital akan mau berusaha keras untuk memahami cara hidup secara rohani dalam relasi dengan Kristus. Saya ragu-ragu tentang hal itu, tetapi itu membentuk sebagian dari apa yang saya doakan untuk para Gen Alfa saya. Bahkan, Skylar adalah nama anak bungsu kami. Skylar berasal dari etimologi Scholar. Kami ingin dia mengetahui siapakah Kristus itu dan menjadi seorang ahli Alkitab ... dan nama tengahnya adalah Jude. Saya berdoa baginya untuk berjuang demi iman sebagaimana dinyatakan dalam Yudas 1:3.

"Saudara-saudara terkasih, sementara aku berusaha keras menulis kepadamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa perlu menulis kepadamu dan memintamu supaya kamu berjuang sungguh-sungguh untuk iman yang disampaikan sekali untuk selamanya kepada orang-orang kudus."

Dan, kerinduan saya adalah bahwa Generasi Alfa ini akan berjuang demi iman DALAM KASIH.

Saya percaya bahwa generasi yang akan datang ini perlu diajarkan tentang KOMUNITAS dan tentang bagaimana mengekspresikan KASIH Kristus di dalam dan melalui komunitas. Saya pikir mereka akan sangat merindukannya. Kami sudah melihat pengikisan komunitas yang autentik dari margin kehidupan Generasi Z. Jadi, bagaimana kita dapat terus menyediakan dan memperlengkapi generasi berikutnya ini untuk mengalami komunitas yang alkitabiah dan mengalami hubungan yang nyata dengan Kristus?

Karena itu, meskipun saya tidak memiliki banyak "penelitian" untuk disampaikan mengenai Gen Alfa saat ini, mungkin hadiah terbesar yang dapat saya berikan hari ini adalah dengan mengingatkan kita bahwa mereka hadir, dan dalam waktu 5 tahun ke depan, kita akan melayani mereka. Jadi, mari kita mulai berdoa sekarang! (t/N. Risanti).

Audio: Generasi Alfa Datang: Bersiaplah!

Diterjemahkan dari:
Nama situs : GirlsMinister.Com
Alamat situs : http://girlsminister.com/generation-alpha-get-ready/
Judul asli artikel : Generation Alpha: Get Ready!
Penulis artikel : Amy-Jo Girardier
Tanggal akses : 8 Juni 2018